Profil Saipul Jamil dan Perjalanan Hidupnya

Profil Saipul Jamil dan Perjalanan Hidupnya

Profil Saipul Jamil dan Perjalanan Hidupnya - Siapa yang tidak kenal Saipul Jamil? Penyanyi bersuara serak yang akrab juga dipanggil "Ipul" (lahir di Serang, 31 Juli 1980) adalah penyanyi dangdut berkebangsaan Indonesia. Dimana sebelum bernyanyi solo, Saipul adalah anggota grup musik dangdut G4ul.

Kini Ipul menjadi juri D Academy dan Mentor di Bintang Pantura dan beberapa program musik di Indosiar bersama Inul Daratista dan Iis Dahlia.

Karier
Album Saipul yang terbilang paling berhasil adalah duetnya bersama Ira Swara bertajuk Duet Sang Bintang. Album itu meraih penghargaan dari SCTV Music Awards 2006 Kategori Album dangdut Ngetop. 

Malahan melalui lagu "Jujur", keduanya memperoleh nominasi Penghargaan MTV Indonesia 2006 untuk kategori Best Dangdut. Pasangan ini dikalahkan oleh pendatang baru, Trio Macan.

Dengan berduet lagi, Saipul Jamil yang berpasangan dengan Ussy Sulistiawaty menyabet gelar juara 'Selebriti Jam', sebuah acara reality show yang menyandingkan artis non penyanyi dengan artis penyanyi. Mereka menyisihkan dua pasangan lain yang lebih diunggulkan yakni designer Ivan Gunawan – Ian Kasela, vokalis Radja, serta aktor Surya Saputra yang berpasangan dengan penyanyi senior Titiek Puspa.

Menyusul banyaknya artis yang terjun ke politik, bulan April 2008, Ipul mencalonkan diri menjadi Calon Wakil Walikota Serang mendampingi Ruhyadi Kirtam Sanjaya.Pasangan calon wali kota Serang, Kirtam Sanjaya serta Saipul Jamil mendapat nomer urut 7 pada pemilihan kepala daerah Kota Serang.


Kehidupan pribadi
Pernikahan dengan Dewi Perssik
Saipul menikah dengan sesama penyanyi dangdut, Dewi Perssik. Selepas mengalami masa pacaran yang singkat, dari bulan Februari 2005, mereka menikah tanggal 26 Juni 2005 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sumber Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. 

Pernikahan mereka memperoleh ujian, ketika tiba-tiba Saipul melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Utara bulan Agustus 2006. Keduanya akhirnya memilih rujuk selepas melakoni tiga kali persidangan.

Rumah tangga Saipul serta Dewi kembali terguncang. Di bulan puasa (bulan Oktober) tahun 2007 terbetik berita bahwa Dewi serta Saipul sudah tiga bulan pisah rumah.Beberapa hari kemudian ada berita duka, Ibu Saipul Jamil meninggal dunia pada tanggal 5 Oktober 2007. 

Ketika itu, Saipul masih pisah rumah dengan Dewi. Malahan 6 jam sebelum sang bunda menghembuskan napas pamungkas, Saiful sudah mengucapkan talak pada Dewi. Ipul resmi menyandang status duda, selepas Pengadilan Agama Jakarta Utara pada tanggal 14 Januari 2008 menjatuhkan ikrar talak kepada Dewi Persik.

Pernikahan dengan Virginia Anggraeni
Tanggal 10 Maret 2011 Saipul menikah istri keduanya, Virginia Anggraeni, seorang peragawati keturunan Jawa-Belanda. Mereka melaksanakan akad nikah di Masjid Istiqomah, Bandung serta dua hari berselang mengadakan resepsi di Jakarta.

Tanggal 3 September 2011 Saipul, istrinya, serta 8 orang kerabatnya mengalami kecelakaan tunggal di jalan tol Cipularang Km 97 sekitar pukul 10.00 WIB ketika bertolak dari Cimahi menuju Jakarta. Mobil Toyota Avanza yang dikemudikan oleh Saipul sendiri hilang keseimbangan kemudian menabrak pembatas jalan.

Diduga akibat Saipul mengemudi dalam situasi mengantuk. Saipul mengalami luka ringan sementara Virginia meninggal dunia akibat terlempar dari mobil yang mereka tumpangi. Pada hari yang sama, jenazah Virginia yang diketahui tengah hamil dua bulan langsung dimakamkan di TPU Baros, Cimahi, Jawa Barat.

Filmografi
  • Setan Budeg (2008)
  • Pijat Atas Tekan Bawah (2009)
  • Arwah Kuntilanak Duyung (2011)
Acara televisi
  • D Academy (2014-Sekarang) Indosiar Sebagai Juri
  • Mamamia (2014) Indosiar Sebagai Juri Tamu
  • D'Terong Show (2014-Sekarang) Indosiar Sebagai Pengisi Acara
  • Duo Pedang (2015-Sekarang) Global tv Sebagai Pengisi Acara
  • Bintang Pantura (2015-sekarang) Indosiar Sebagai Juri
  • Alhamdulillah Kita Sahur (2015-sekarang) Trans 7 Sebagai Pengisi Acara
  • Q Academy (2015-sekarang) Indosiar Sebagai Juri

BIODATA SAIPUL JAMIL 


Tanggal lahir : 31 Juli 1980 

Lahir di : Serang, Banten 

Zodiac : Leo 

Terkenal sejak merilis album duet "Duet Sang Bintang" (2005) bersama Ira Swara 
Kewarganegaraan : Indonesia

Ibu : Haysatul Hasanah (almh)

Suami/Istri :Dewi Persik (penyanyi dangdut, 2005 - 14-Jan-08), Virginia Anggraeni (Mar-2010 - 3-09-11, meninggal)


Populer Sejak : Merilis album duet "Duet Sang Bintang" (2005) bersama Ira Swara



*Dari berbagai sumber


0 Response to "Profil Saipul Jamil dan Perjalanan Hidupnya"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel